-->

Senin, 20 April 2009

Pelajaran PILEG

Pelajaran PILEG.

Baru saja perhelatan Pileg selesai, dan banyak sekali meninggalkan materi ajar bagi kita, terutama para mahasiswa. Dengan rangkaian acara tersebut yang paling memprihatinkan adalah kesiapan mental para calon yang sangat rawan sehingga menimbulkan sakit jiwa yang memenuhi rumah sakit.
Selain merugikan para calon yang belum beruntung mencari kerja lewat caleg, dari segi keuangan sangat menguras anggaran belanja negara. Uang rakyat yang mestinya kembali ke rakyat hanya dihabiskan untuk membuat lembaran kertas dan dana kampanye puluhan partai yang nota bene hanya mengeruk keuntungan demi mencari dan membuka lapangan kerja sesaat. Coba kalau partainya hanya 7 atau sepuluh besar yang ikut tidak menjadi seperti ini yang pada akhirnya masyarakat yang menanggung akibatnya. Belum sakit jiwa juga uang pribadi maupun hutang-hutangan, bahkan menggadaikan segala yang ada yang ujungnya rakyat yang menderita.
Apalah artinya menerima uang sesaat menjelang contrengan, apabila yang memberi akhirnya stres dan bahkan diminta kembali sehingga membuat negara ini bagaikan pesta namun endingnya tidak membuat semua pihak puas.
Mudah-mudahan para siswa dan mahasiswa betul mempersiapkan dirinya untuk siap menjadi caleg yang luar dalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar