-->

Rabu, 01 Juli 2009

Pendidikan Berbasis keunggulan Lokal

1. Pengembangan Program dan Kegiatan Bidang Estetika

Agar dalam pelaksanaan PBKL lebih mudah dipahami, maka berikut ini penjelasan tentang penyelenggaraan program dan kegiatan PBKL diberikan ilustrasi atau contoh riil di lapangan, sebagai suatu bentuk pendidikan yang karena potensi unggul di daerah yang bersangkutan atau memang akan mengunggulkan suatu potensi tertentu karena sekolah memiliki kekuatan dan peluang yang tinggi/besar.

Beberapa bidang yang termasuk dalam kawasan estetika diantaranya adalah bidang seni tari, seni suara atau seni musik, seni sastra, seni rupa, seni kriya, dan sebagainya. Beberapa contoh diantaranya adalah sebagai berikut:

sendainya di daerah Magetan ada kerajinan kulit maka para peserta didik diberi ketrampilan Kerajinan Kulit. Sehingga sekolah tersebut terkenal akan kerajinan kulitnya. dsb.


Para guru dan Kepala sekolah seharusnya memiliki salah satu keunggulan utuk mengangkat derajat sekolah tersebut. Misalnya sekolah tersebut terkenal dengan sekolah atlit, sekolah renang, sekolah jatilan, sekolah ketoprak, sekolah reyog, sekolah kerajinan bambu, sekolah pencak silat, sekolah bolla volley seperti di SMP 2 kawedanan yang akan dijadikan PUSDIKLAT bolla volley untuk kab. Magetan khususnya di Kec. Kawedanan dsb.dsb.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar